Pemanfaatan Curiculum Vitae dan Sasaran Kinerja Pegawai untuk Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan AHP

  • Endah Ratna Arumi Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Uky Yudatama
Keywords: Kinerja Dosen, Curiculum Vitae, Sasaran Kinerja Pengawai, Analytical Hierarchy Process

Abstract

Penilaian kinerja dosen penting dilaksanakan untuk mengetahui kegiatan yang telah dilakukan serta berguna untuk  mengevaluasi unjuk kerja (perfomance appraisal) dari seorang dosen. Selama ini kesalahan dalam penilaian kinerja dosen seringkali terjadi, terutama dalam proses pengambilan data. Sumber data yang kurang lengkap  dapat mempengaruhi hasil akhir, sehingga penilaian kinerja dosen  tidak dapat berjalan secara maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dimanfaatkanlah Curiculum Vitae (CV) dan sasaran kinerja pegawai (SKP). Dengan memanfaatkan kedua sumber data  tersebut diharapkan penilaian kinerja dosen dapat dilaksanakan secara objektif dan transparan. Data yang telah diperoleh, kemudian diolah dengan menggunakan metode Analytical Hierarcy Process (AHP), dimana metode ini sangat efektif dan terstruktur. Hasil akhir dengan menggunakan 5 sampel dosen yang diambil secara acak, terlihat perbedaan keaktifan dalam bidang Tri Dharma. Dosen-A memperoleh nilai terendah, dengan nilai akhir 0,099, sedangkan nilai tertinggi diraih oleh Dosen-E dengan nilai akhir 0,26.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] DIKTI, 1999. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tentang Pendidikan Tinggi.
[2] Hamzah, Suyoto, Mudjihartono, P., 2010, Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus : Universitas Respati Yogyakarta), Seminar Nasional Informatika, UPN Veteran Yogyakarta, 22 Mei 2010, ISSN : 1979-2328.
[3] Kusrini, 2006, Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Evaluasi Kinerja Dosen di STIMIK AMIKOM Yogyakarta, Jurnal Ilmiah DASI Vol.7 No.2 Juni 2006, ISSN : 1411-3201.
[4] Jusuf, H., Hamzah, A., 2009, Pembuatan data Warehouse Pengukuran Kinerja Belajar Mengajar di Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika Universitas Nasional, Jurnal Basis Data ICT Research Center UNAS Vol.4 No.1 Mei 2009, ISSN : 1978-9483.
[5] Mulyati, S., Amini, S., Juliasari, N., 2014, Perancangan Data Warehouse Untuk Pengukuran Kinerja Pengajaran Dosen (Studi Kasus : Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur), Jurnal TELEMATIKA MKOM Vol.6 No.1 Maret 2014, 1 – 5.
[6] Agung, A. A. G., Yuniar, I., 2014, Desain Indikator dan Implementasi Penilaian Kinerja Dosen pada Sistem Informasi, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 22 September 2014, Hal 9 – 15.
[7] Andriyanto, T., Firliana, R., 2016, Sistem Informasi Pengarsipan Kinerja Dosen Mengunakan RESTFUL Web Service, SNATIA, ISSN : 2302-450X – Hal 221 – 226
[8] Limbong, T., Hasugian, A. H., 2016, Aplikasi E-Directory Berkas Tridharma Kinerja Dosen Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Perguruan Tinggi, Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIKOM 2016), ISBN : 978-602-60010-0-9, Hal 275 – 281.
[9] Eniyati dan Santi, 2010, Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Prestasi Dosen Berdasarkan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 2(15), Juli 2010, ISSN : 0854-9524, 136-142
[10] Amborowati, A., 2007, Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Berdasarkan Kinerja (Studi Kasus Pada Stmik Amikom Yogyakarta), Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007), 16 Juni 2007, ISSN: 1907-5022, 5 – 9
[11] Sestri, E., 2013, Penilaian Kinerja Dosen Dengan Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus : STIE Ahmad Dahlan Jakarta), Jurnal Liquidity, Vol.2 No.1, Januari-Juni 2013, 100-109
[12] Peraturan Republik Indonesia, 2003, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Sekretaris Negara Republik Indonesia.
[13] G. B. Brumbach, 1988, Public Personnel Management, Winter.
[14] M. Armstrong, 2010, Armstrong's Essential Human Resource Management Practice: A Guide To People Management, Kogan Page.
[15] Mundiarti, 2007, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Dosen dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar di Prodi Kebidanan Magelang Politeknik Kesehatan Semarang Tahun Ajaran 2005/2006, Semarang: Universitas Diponegoro.
[16] Saaty, T., 1993, The Analytical Hierarchy Process: Planning, Priority, Setting, Resource Allocation. Pittsburgh: University of Pittsburgh Pers.
[17] Marimin, 2010, Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Rantai Pasok. Bogor: IPB Press.
[18] Saaty, T., 1988, Decision Making in Complex Environtment, Pittsburgh.
[19] DIKTI, 2010, Pedoman Beban Kerja Dosen Dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
[20] Yudatama, U. and R. Sarno. Priority determination for higher education strategic planning using balanced scorecard, FAHP and TOPSIS (Case study: XYZ University). IOP Conf. Ser.: Mater. Sci. Eng., Vol. 105, No. 1.
[21] Yudatama, U., Nazief, Bobby., Hidayanto, AN. Strategic Decisions in the Implementation of Information Technology Governance to Achieve Business and Information Technology Alignment Using Analytical Hierarchy Process. Information Technology Journal, Vol. 16, No. 2, pp 51-61, https://doi.org/10.3923/ITJ.2017.51.61, 2017.
[22] Yudatama, U., A. Setiawan and A. Trismanto. Alignment between val IT and risk IT for choosing a business strategy by fuzzy analytical hierarchy process and TOPSIS. Adv. Sci. Lett., 23: pp. 2492 – 2494, https://doi.org/10.1166/asl.2017.8650, 2017.
Published
2017-11-12
Section
Technology Information Article